BKPSDM Kota Tomohon Studi Tiru e-Kinerja di BKPPD Bone Bolango
BKPSDM Kota Tomohon Studi Tiru e-Kinerja di BKPPD Bone Bolango

By Rahmat Jahja 08 Okt 2020, 17:17:41 WIB Pemerintah Daerah
BKPSDM Kota Tomohon Studi Tiru e-Kinerja di BKPPD Bone Bolango

Bone Bolango - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tomohon melakukan Studi Tiru di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kab. Bone Bolango, Kamis (8/10/2020).

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala BKPSDM Kota Tomohon, Josias Frans Makalew memboyong 15 orang disambut oleh Kepala BKPPD Bone Bolango, Friske Aryanti Usman yang didampingi oleh Sekretaris Ramli Lalu dan Kepala Bidang Kepegawaian Rahmat Helingo beserta Pejabat Pengawas dan Pelaksana.

Studi tiru dimaksud dalam rangka melihat sejauh mana pelaksanaan dan penerapan sistem penilaian kinerja (e-Kinerja) di daerah ini, terutama yang berhubungan dengan pemberian tunjangan-tunjangan penghasilan pegawai yang diterima di Kabupaten Bone Bolango.

“Tujuan Studi Tiru Pemkot Tomohon di Kabupaten Bone Bolango adalah dalam rangka melihat sejauh mana pelaksanaan dan penerapan sistem penilaian e-Kinerja di daerah ini, terutama yang berhubungan dengan pemberian tunjangan-tunjangan penghasilan pegawai” Kata Josias menjelaskan maksud kedatangannya bersama rombongan

Lebih lanjut Josias menyampaikan ketika ada pemeriksaan-pemeriksaan dari BPK, kami sudah ada dasar berpijak untuk menentukan besaran tambahan maupun Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) yang harus diterima oleh pegawai ada di Kota Tomohon, Kami studi tiru di Bone Bolango juga karena rekomendasi dari Kantor Regional XI BKN Manado.

Sementara itu Friske menyampaikan rasa senangnya atau kunjungan kerja ini. Terkait dengan sistem penilaian kinerja di Kab. Bone Bolango lanjutnya, pihaknya saat ini sedang mengembangkan aplikasi yang digunakan untuk pelaporan dan penilaian kinerja melalui aplikasi Daily Evaluation System (de’Sys) yang dibangun mandiri oleh pihak BKPPD sendiri yang nanti akan dipaparkan secara teknis.

Secara Teknis Kepala Sub Bidang Informasi Kepegawaian BKPPD, Rahmat Jahja memaparkan mekanisme dan konsep penilaian kinerja melalui de'Sys (Daily Evaluation System). Dijelaskan Rahmat, de'Sys adalah aplikasi yang digunakan untuk pelaporan dan penilaian kinerja, dikembangkan sejak 2017 mengadopsi aplikasi e-Kinerja DES milik BKN namun disesuaikan dengan kebutuhan instansi dan sebagai persiapan diterapkannya PP 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai. Ada dua modul utama dalam de’Sys yakni modul kinerja harian dan modul Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

“Dalam modul kinerja harian, setiap pegawai wajib melaporkan apa yang dikerjakannya dengan memperhatikan kontrak kinerja dan target kinerja yang tetapkan sebelumnya pada SKP, sedangkan modul SKP berisi kontrak kinerja pegawai yang telah disusun di awal tahun berdasarkan perjanjian kinerja dan rencana kerja tahunan OPD” Jelas Rahmat

Terkait dengan pemberian TPP, ada dua Indikator yg digunakan yakni kinerja 60% yang diambil dari de'Sys dan disiplin 40%, diambil dari aplikasi e-presensi (daftar hadir Online).”Kedua aplikasi tersebut saling terintegrasi dalam sebuah sistem informasi Kepegawaian Terintegrasi,”tambahnya.

Mengakhiri kunjungannya, Kepala BKPSDM Kota Tomohon menyampaikan terima kasih atas sambutan dan pelayanan yang luar biasa ini dengan harapan apa yang diperoleh dan dipelajari disini akan menjadi dasar bahan perbandingan kami dalam mengembangkan sistem penilaian kinerja di Kota Tomohon, pungkasnya. (BKPPD/INKA/Rahmat/Nasir/Amin/Ferdy/Ahmad)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda tentang Pelayanan Kepegawaian di BKPPD saat ini ?
  Mengecewakan
  Buruk
  Cukup Baik
  Baik
  Sangat Baik

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video