Tiga Camat di Bone Bolango Dimutasi
Pelantikan Pejabat Administrator (Camat) di Lingkungan Pemerintah Kab. Bone Bolango

By Rahmat Jahja 24 Mei 2019, 08:57:52 WIB Pemerintah Daerah
Tiga Camat di Bone Bolango Dimutasi

Bonebol – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou melakukan perombakan maupun mutasi pada pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Tapa, Kamis (23/5/2019).

Pejabat yang dirotasi itu, di antaranya Achril Y. Babyonggo sebelumnya sebagai Camat Suwawa kini dipercayakan menjadi Camat Tapa, Erwin Ilahude sebelumnya sebagai Camat Bulango Timur kini diamanahkan menjadi Camat Suwawa, dan Plt. Camat Tapa Parmin Azis didefinitifkan sebagai Camat Bulango Timur.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou didampingi Sekretaris Daerah Ishak Ntoma dan Ketua TP. PKK Lolly Hamim Pou dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada tiga camat yang kembali mendapatkan kepercayaan dari pemerintah daerah untuk mengemban jabatan sebagai camat tersebut.

Hamim memberikan apresiasinya kepada tiga camat yang dilantiknya itu, karena dinilai berkinerja bagus dan berprestasi di wilayah kecamatan yang dipimpin sebelumnya. Seperti Camat Tapa Achril Y. Babyonggo, dinilai telah berprestasi di Kecamatan Suwawa dari segala sisi dimensi.

Salah satu yang menonjol adalah kebersihan di ibu kota Kabupaten Bone Bolango meningkat dengan dratis di bawah kepimpinannya, termasuk pengelolaan sampahnya juga bagus.

“Saya lihat pak Achril ini, walaupun camat tidak boleh pakai celana pendek, tapi beliau itu ketika memimpin pasukan bersama-sama kepala desa untuk melakukan kegiatan kebersihan, itu pakai celana pendek, dan Alhamdulillah kerjanya dan hasilnya kelihatan,”ujarnya.

Bahkan di tahun 2017 silam, hasilnya kita tahu semua dimana Bone Bolango mendapatkan piala Adipura. Itu salah satu kerja dari Camat Achril Y. Babyonggo tentu didukung oleh aparat dan kepala desa semuanya. Karena tidak ada yang kerja sendiri, itu hasil kerja kita semua.

Karena itu, lanjut Hamim, dia ingin menguji dan menempatkan Achril Y. Babyonggo sebagai Camat Tapa yang juga di daerah adat tersebut.

”Mudah-mudahan keberhasilan pak Achril di Suwawa bisa juga diterapkan di Tapa. Saya minta anda menjadi komandan untuk peningkatkan kebersihan, penertiban hewan ternak, termasuk juga lapak-lapak disini. Karena Tapa ini perkembangannya luar biasa,”lanjutnya.

Belum lagi hadirnya GORR, maka mobilitasi di Kecamatan Tapa ini sangat tinggi. Disaat yang sama juga, Kecamatan Tapa menjadi tempat tujuan, tempat wisata, jasa, dan usaha, setelah dari kota utara mengarah menuju ke Tapa.

”Ini perlu diantisipasi dengan kerja yang tidak biasa-biasa. Jadi tanggungjawab anda disini berat. Saya akan nilai dalam 6 bulan kedepan, apakah anda memiliki kemampuan untuk memobilisasi warga di Kecamatan Tapa,”harapnya.

Di sisi lain, Hamim juga memberi atensi khusus tentang kebersihan dan pengelolaan sampah di Kecamatan Tapa, termasuk pasar Kamis Talumopatu Kecamatan Tapa. Dia mengatakan, Pasar Kamis Talumopatu adalah pasar setiap pekan dan terbesar di Provinsi Gorontalo dengan dinamika yang luar biasa serta potensi pendapatan asli daerah yang luar biasa dan sampah juga yang luar biasa.

“Jadi anda sebagai Camat baru di Tapa, harus bisa menyelesaikan persoalan tersebut dalam jangka pendek. Saya tidak akan tolelir, dalam waktu 6 bulan kedepan ini Tapa harus bersih,”ujarnya.

Untuk Camat Suwawa Erwin Ilahude, Bupati Hamim Pou menilai sudah berpengalaman. Sebab ketika dirinya datang di Bone Bolango 7 tahun yang silam, Erwin Ilahude adalah Sekretaris Kecamatan Suwawa, maka dari itu Hamim mengembalikannya menjadi Camat Suwawa.

Dengan harapan, agar terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja dan prestasi Camat sebelumnya.”Jadi tantangannya lebih berat, sebagai ibu kota kabupaten juga dinamikanya luar biasa, tapi saya yakin anda memiliki kemampuan untuk memimpin Kecamatan Suwawa,”tuturnya.

Sementara itu, kepada Camat Bulango Timur Parmin Azis, Bupati Hamim Pou mengatakan, setelah beberapa bulan menjadi Plt. Camat Tapa, makanya dia harus memberi kesempatan karena Parmin Azis memiliki kemampuan. Apalagi di kampungnya sendiri, yakni di Desa Popodu Kecamatan Bulango Timur, tidak mungkin tidak berhasil di kecamatannya.

Bupati pun berpesan kepada Camat Bulango Timur Parmin Azis untuk harus lebih baik. Harus kolaborasi dengan Camat Tapa, Bulango Selatan, untuk menata segi tiga yakni Tapa, Bulango Selatan, dan Bulango Timur.

”Ini segi tiga tidak terpisahkan. Jadi sinergi antara Bulango Selatan, Tapa, Bulango Timur menjadi gambaran keberhasilan kecamatan se Tapa-Bulango secara keseluruhan. Saya yakin anda bisa melaksanakan apa yang menjadi harapan Bupati dan harapan masyarakat,”imbuhnya.

Di sisi lain, pada kesempatan itu, Bupati Hamim Pou menegaskan, akan terus melakukan pergantian-pergantian maupun mutasi pada pejabat di lingkungan Pemkab Bone Bolango.

”Ini babak satu, setelah Ramadan ini, akan ada pergantian termasuk pergantian pada Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, dan pejabat administrator dan pejabat pengawas,”urainya. (MC Bone Bolango/Kadir/Eyv)


SUMBER ASLI:
http://infopublik.id/kategori/nusantara/350446/tiga-camat-di-bone-bolango-dimutasi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment